Bingkai Sakinah

Banyak Anak Banyak Masalah?

kid

Banyak anak akan mendatangkan banyak masalah. Tampaknya opini ini sudah begitu melekat pada masyarakat kita ya..  Katanya, banyak anak akan mendatangkan kerepotan dalam mengurusnya, banyak keluar biaya untuk sandang, pangan, menyekolahkan, membawanya ke dokter jika sakit, membelikan baju, mainan, dan sebagainya.

Akibat opini ini, banyak orang tua yang takut kalau memiliki banyak anak, bahkan ada yang tega membunuh atau menggugurkan janinnya karena khawatir  tidak mampu mengurus dan memenuhi biaya hidup anaknya. Naudzubillah…

Keluarga Muslim yang dirahmati Allah… semestinya kita tidak perlu khawatir dalam biaya menghidupi anak-anak. Sebab, masing-masing anak digariskan rezekinya oleh Allah SWT. Allah telah berfirman: “…dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka,…” (QS. Al An’am [6]: 151). Firman ini kembali dikuatkan: “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.” (QS. Al Isra [17]: 31).

 

Anak = masalah ataukah anak = amanah?

enarkah anak adalah masalah? Bisa jadi. Jika anak tidak dididik ilmu agama dan dibiarkan merajalela berbuat maksiat tanpa ditegur orang tuanya, ia akan menjadi beban yang menarik kaki orang tuanya ke neraka. Orang tua mestinya tidak tinggal diam saat anaknya mulai berjalan melenceng dari jalur agama. Karena orang tua akan dimintai pertanggung jawaban atas pendidikan anak-anaknya.

Sesungguhnya anak adalah amanah dari Allah. Anak ibarat berlian mentah. Berlian mentah sekilas tak ada bedanya dengan batu arang yang hitam dan buruk, namun dengan kesabaran dan usaha yang tanpa mengenal lelah untuk mengasahnya, ia akan menjadi batu mulia yang bening, berkilau dan bernilai sangat mahal. ‘Berlian-berlian’ itu yang bisa menjadi tiket orang tua memasuki pintu surga.

Anak merupakan aset yang sangat berharga, karena anak yang shalih akan senantiasa mendoakan kedua orang tuanya. Rasulullah SAW telah bersabda: “Apabila manusia telah mati, maka terputuslah dari semua amalnya kecuali tiga perkara. Shadaqah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya dan anak shalih yang mendoakannya”. (HR. Muslim).

Dari Abu Hurairah, ia berkata: Telah bersabda rasulullah SAW, ”Sesungguhnya ada seseorang yang diangkat (ditinggikan) derajatnya di jannah (syurga)”. Lalu ia bertanya (terheran-heran), ”Bagaimana aku bisa mendapat ini (yakni derajat yang tinggi di surga)?”. Dikatakan kepadanya, ”(Ini) disebabkan istighfar (permohonan ampun) dari anakmu (kepada Allah) untukmu”.

Keluarga muslim…Masihkah kita menganggap banyak anak sebagai sumber masalah? Semoga kita dapat menjadi orang tua yang menjaga amanah dari Allah dengan sebaik-baiknya.. Aamiin… Wallahu a’lam bish shawab.

Kata yang sering di cari pada halaman ini :

anak-anak adalah berlian mentah, banyak anak banyak masalah, opini banyak anak banyak masalah

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *